Wednesday, April 7, 2010

melengkapi kata atau kalimat dengan tanda petik

ketika anda mengerjakan sebuah dokumen dengan microsoft word, terkadang ada beberapa kata atu kalimat yang memiliki makna khusus sehingga anda harus memberikan tanda petik diantara kata atau kalimat tersebut. normalnyam anda akan membuat tanda petik tersebut melalui bantuan keyboard baik untu k diawal maupun di akhir kata atau kalimat .  bagaimana jika seluruh teks pada dokumen sudah selesai anda kerjakan dan ternyata ada beberapa kata atu kalimat didalamnya harus anda beri tanda petik ?
berikut tipsnya !
memberikan tanda petik edengan keyboard tentunya membutuhkan waktu yang agak lama.  anda harus meletakkan kursor diawal kata atau kalimat laalu menekan "(shift)+(")" . ada cara yang lebih cepat dari pada cara konvensional ini , yaitu melalui makro.  
sebagai langkah awal tentunya anda harus membuka microsoft word . setelah itu,  buka program pendukung "visual basic editor" (vbe). caranya klik "tool  ,    macro " . segera salin list makro seperti di bawah ini. jika makro sudah tersalin seluruhnya, jalankan perintah "conpile" dari menu "debug" lalu tutup VBE.


Sub addPetik()
  Dim sBegQ As String
  Dim sENdQ As String
 
    If Options.AutoFormatAsYouTypeReplaceQuotes Then
     sBegQ = Chr(147)
     sENdQ = Chr(148)
  Else
     sBegQ = Chr(34)
     sENdQ = Chr(34)
  End If
 
  Selection.InsertBefore sBegQ
  Selection.InsertAfter sENdQ
End Sub

sekarang anda telah kembali ke lembar kerja microsoft word.  langkah selanjutnya mengintegrasikan makro yang anda buat ke dalam file "normal.dot" agar mudah diakses . klik "tools  .  macro  .  macros" . dalam window "macros", klik pilihan "addpetik" . klik juga tombol "organizer". setelah itu, aktifkan tab"macro project item" dan copu "modulee1  " yang ada di kiri kebagian kanan. jika sudah klik ok untuk menutup window

kini anda biasa membuat tombol akses nya dalam menu bar .  buka "tools ,  costumize" selanjutnya pada tab"commands", cari option "macros" dan drag pilihan " normal.module1.addpetik" ke dalam munu bar. setelah tombol menempel dalam toolbar klik tanan tombol tersebut lalu ubah namanya sesuai keinginan anda pada bagian "name" . aktifkan "image and text" jika anda ingin menambahkan nya dengan icon. icon nya sendiri biasa anda pilih pada bagian "change button images" setelah semuannya selesai anda lakukan , tutup "costomixe"

untuk menguji trik ini anda buaka dokumen word yang memiliki banyak teks.   seleksi satu kata atau kalimat lalu klik tombol "add petik" . dan lihat hasilnya !

referensi : chip

Artikel Terkait

Artikel lainnya close button minimize button maximize button

silahkan berikan komentar anda