Sunday, April 4, 2010

apakah saya kecanduan internet?

internet
Apakah Anda lebih suka bergaul di dunia maya dibandingkan dengan teman di dunia nyata? Apakah Anda gemar menghabiskan waktu untuk bermain game online dibandingkan berjalan-jalan dengan teman? Apakah Anda adalah tipe orang yang selalu mengecek status Facebook atau Twitter setiap 5 menit sekali? Berhati-hatilah jika Anda mayoritas menjawab “Ya” untuk ketiga pertanyaan tersebut. Kemungkinan besar Anda sudah kecanduan Internet!

Perbedaan antara Internet yang sehat dengan yang tidak sehat sebenarnya tidak begitu jauh. Keduanya sama-sama membuat penggunanya bertahan lama di depan komputer. Anda mungkin terpaksa harus mengakses Internet berjam-jam untuk menyelesaikan pekerjaan. Atau Anda juga harus berhubungan dengan teman, kerabat ,atau saudara yang tinggal di tempat yang sangat jauh. Tentu saja hal-hal tersebut tidak membuat penggunanya dicap kecanduan Internet.
Ada beberapa tanda-tanda kecanduan Internet menurut para ahli di University Of Texas At Dallas. Salah satunya adalah bila Anda selalu terpikir untuk terus mengakses Internet bahkan saat Anda tidak berada di depan komputer. Para ahli tersebut juga mengatakan tanda-tanda lain terlihat bila Anda lebih cenderung menggunakan Internet di saat Anda sedih atau kecewa. Hasil lengkap penelitian University Of Texas At Dallas dapat Anda lihat di sini.
Bila Anda ingin lepas dari ketergantungan tersebut, Anda boleh mengikuti saran-saran seperti ini:

1. Perkuat hubungan pertemanan Anda. Semakin kuat hubungan Anda, maka akan semakin berkurang kebutuhan Anda untuk terus berinteraksi menggunakan Internet. Anda juga akan memiliki semakin banyak waktu untuk bepergian dengan teman Anda.
2. Jika Anda menggunakan Internet untuk melepaskan stress Anda, carilah hobi lain. Anda bisa berolahraga, jalan-jalan, atau membaca buku.
3. Yakinkan diri Anda untuk mau bergaul bersama orang lain. Tidak perlu malu atau takut untuk bergaul. Bangun diri Anda menjadi pribadi yang lebih percaya diri.
4. Buat batasan dalam ber-Internet, baik berupa waktu mau pun konten.
5. Ikuti konseling dan jalani terapi.
Kecanduan Internet memang bisa terjadi pada siapa saja. Ada beberapa orang yang mencoba untuk lepas dari Internet, tapi merasa sulit, hingga akhirnya memutuskan untuk menganggap Internet sebagai bagian dari dirinya. Ada juga yang akhirnya sukses menghentikan ketergantungan tersebut. Saat CHIP tanyakan apa kunci sukses mereka, dengan santai mereka jawab: Tekad.

Artikel Terkait

Artikel lainnya close button minimize button maximize button

silahkan berikan komentar anda