Wednesday, September 14, 2011

tips membuat password yang aman

Sautu hal yang perlu Anda ketahui, jangan pernah percaya bahwa data yang diaman­kan dengan password itu 100% aman. Dewasa ini, banyak orang yang tidak bertanggung jawab atau tidak bermoral memanfaatkan dan menggunakan segala cara untuk bisa mengakses atau menje­bol password.   Para hacker jahat biasanya mencari security hole atau lubang ke­amanan supaya bisa dengan mudah mengakses data yang mereka inginkan.
Password memang sesuatu yang perlu dijaga kerahasiaannya. bagaimana cara terbaik agar bisa membuat password yang tidak mudah ditebak dan aman ?

semakin hari sebakin banyak orang yang mengalami pembobolan passwordnya 
sebenarnya ada beberapa cara untuk membuat suatu password yg aman dan sulit untuk di tebak


Berikut lang­kah-langkahnya:

  • Buatlah password yang tidak berhu­bungan dengan diri Anda, istri, anak, buatlah password "gado-gado/campur" dijamin akan sulit untuk ditebak. Misalnya saja gabungan huruf besar kecil, simbol, perpaduan huruf, dan angka dengan jumlah karakter yang cu­kup banyak.
  • Untuk password, buatlah karakter panjang, misalnya saja 20 karakter (soft­ware recovery password versi trial akan susah untuk melacaknya).
  • Gunakan simbol-simbol tertentu di luar angka dan huruf, misalnya saja peng­gabungan karakter-karakter, seperti #, $, @, !, (, ), &, ^, T, G, !, @. Karakter-karakter tersebut biasanya sulit untuk ditebak.
  • Gunakan software pen-generate pass­word, maksudnya untuk mengacak pass­word atau mengenkripsi password.
  • Jangan gunakan password yang ada dalam kamus.
  • Hati-hati saat Anda ber-Internet di kantor atau di tempat umum karena bisa saja seorang hacker sedang beraksi un­tuk mencuri password. Biasanya mereka menggunakan teknik Network Sniffing untuk memantau lalu lintas data yang ke­lur masuk dalam jaringan.
  • Perhatikan juga sambungan keyboard pada komputer Anda karena bisa saja ada orang yang memasang sambungan (key­logger pada keyboard).
  • Gunakan sistem copy paste untuk meng-input password. Hal ini bisa menghindari  hacking dengan keylogging



tag : keamanan password, recovery, anti keylogger, password, sulit ditebak, aman
 

Artikel Terkait

Artikel lainnya close button minimize button maximize button

silahkan berikan komentar anda